11 Jan 2010

papua aman?


Papua aman gak sih?

pertanyaan ini pasti terbersik pada semua orang yang tinggal diluar papua sana...coretan ini saya angkat setelah menonton berita perang suku timika tadi pagi. hhmmm saya mulainya dari mana ya.?.... well, papua itu gak kecil. provinsinya aja udah dua. rusuh di satu tempat gak akan merembet di tempat lain. bahkan hari paling dinantikan tiap tahun, tepatnya peringatan 1 desember juga gak ada kekacauan kok. paling juga demonstrasi ama pengibaran bendera bintang kejora. yah samalah dengan di jawa ama sulawesi sana. paling yang sering demo ya klo gak di jakarta ama di makassar. itupun di beberapa titik kecil aja. jadi cerita cerita klo papua itu sering kacau sebenarnya cuman besar-besaran media doank...emangnya papua cuman timika saja? gak kan....!

menurut saya OPM beda dengan GAM, apalagi dari segi persenjataan. klo GAM udah pake senjata jenis AK, nah klo di sini paling banyak juga anak panah. ada sih yang pake senjata, tapi paling cuman satu satu aja. secara organisasi juga GAM jugA lebih "teratur"dibanding OPM.

Timika merupakan daerah "emas" di Papua. disini banyak warga pendatang yang tumpah mencari peruntungan di berbagai sektor. mulai dari kerja di daerah pertambangan Freeport sampai mendirikan usaha sendiri. ketidaksiapan warga asli Papua bersaing dengan warga pendatang inilah kadang jadi sumber kecemburuan dikalangan mereka. ada masalah kecil langsung di besar besarin, satu yang mati satu kampung yang rusuh. namun sebagian besar perang di timika yah antar suku papua juga. perang tidak akan berhenti sampai jumlah korban di kedua belah pihak udah seimbang. yah tepatnya nyawa ganti nyawa. eh sialnya udah bikin rusuh mereka malah minta dilakukan pesta perdamaian atau yang kita kenal sebagai pesta bakar batu. yah ujung2nya duit pemda lagi keluar. ada anekdot klo pestanya udah bubar maka perangnya mulai lagi biar ada pesta bakar batu lagi. sapa juga gak mau makan gratis...fiuhhh dasar !!!

sekian dulu deh corat coretan ini, semoga bisa sedikit membuka mata kita tentang papua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar